3 Tips Ini Dijamin Ampuh Buat Ngusir Nyamuk Di Rumahmu, Tips Ke Tiga Paling Gampang Dan Gak Pernah Kepikiran

Siapa sih yang seneng digigit nyamuk? Pastinya gak ada dong, kan? Apalagi kalau pas kamu mau tidur, nyamuknya terbang-terbang di sekitar telingamu, pasti kesel banget kan?! Nah kali ini saya pengen bagiin beberapa tips dan trik yang super guampang ini ke sobat semua agar tidurmu terbebas dari nyamuk! Penasaran? Yuk coba simak aja yang satu ini!


1. Kain Kelambu + Obat Nyamuk


Jaman dulu, ratu mesir Cleopatra sering menggunakan kain kelambu di tempat tidurnya untuk menghindarkannya dari serangan nyamuk yang ganas. Jaman dahulu, orang-orang miskin tidak sanggup membeli kain kelambu karena harganya mahal banget dan akhirnya harus tidur dengan gigitan nyamuk yang terus mengganggu mereka. Sebenarnya banyak orang yang tidak menyadari bahwa jika kita menyemprotkan obat nyamuk di atas kain kelambu kita sebelum tidur bisa membantu kita untuk membunuh nyamuk yang berusaha hinggap di atas kain kelambu kita loh! Gak percaya? Coba aja sendiri di rumah!

2. Lotion Anti Nyamuk


Walaupun ada sebagian dari kalian yang mungkin gak seneng pake lotion anti nyamuk, tapi percaya gak percaya, lotion anti nyamuk ini berguna banget loh buat kamu yang sering jadi incaran nyamuk! Karena berdasarkan hasil riset yang dilakukan oleh Universitas Florida pada tahun 2004 silam, kerumunan nyamuk terbukti takut terhadap zat DEET yang dibalur ke salah satu tangan dalam percobaan tersebut. Yuk coba kita lihat gambarnya di bawah ini!

Hasil percobaan: tangan kiri dibalurin DEET dan tangan kanan tidak memakai apa-apa.

Dari hasil percobaan di atas, bisa terlihat jelas kan kenapa selama ini kamu selalu digigit nyamuk? Percobaan ini membuktikan bahwa nyamuk tidak senang dengan bebauan yang dihasilkan dari zat DEET ini.

Kalaupun mungkin kamu gak seneng ama rasa lengket yang ada pada lotion anti nyamukmu, kamu sebenarnya juga bisa membuat lotion anti nyamuk sendiri loh! Zat DEET itu sendiri juga terkandung dalam beberapa tanaman herbal seperti cengkeh, daun mint, bunga geranium, bunga catnip (kucingan), callicarpa. Mereka mempunyai daya menahan serangan nyamuk yang cukup tinggi loh sehingga jika kamu mengoleskannya beberapa kali ke kulitmu, dijamin kamu pasti akan langsung terhindar deh dari kerumunan nyamuk yang siap memburumu!

Selain beberapa tanaman herbal di atas, bunga Edelweis juga bisa menjadi pilihan yang tepat untuk mengusir nyamuk. Selain mengusir nyamuk, bau yang dihasilkannya juga ampuh loh untuk mengusir serangga yang nyebelin dari rumahmu loh!

Kalaupun kamu beneran gak pengen menggunakan lotion anti nyamuk karena takut alergi ataupun merasa lengket, kamu juga bisa menggunakan wewangian ruangan yang khusus untuk mengusir nyamuk. Banyak orang yang takut akan bahaya wewangian anti nyamuk ini bagi kesehatan pernapasan kita, tapi jangan khawatir karena wewangian ini mengandung zat-zat seperti permetrin, phenothrin, aletrin, bifenthrin, cypermethrin yang sama sekali tidak berbahaya bagi kesehatan kita.

3. Bersihkan sumbernya


Sobat tahu gak sih kalau nyamuk yang beterbangan di rumahnya kita itu biasanya hidup di kolam air? Nyamuk culex ini biasanya memiliki 4 fase sebelum dia benar-benar bertumbuh jadi seekor nyamuk dewasa. Nyamuk ini mengalami metamorfosis dimulai dari telur, larva, pupa(kepompong) dan kemudian menjadi seekor nyamuk dewasa. Jadi salah satu cara paling gampang yang bisa kamu lakukan untuk membasmi nyamuk ini adalah bersihkan dari sumbernya!

Coba bersihkan genangan air yang ada di sekitar rumahmu seperti ban mobil yang sudah rusak, wastafel, tatakan pot bunga, mesin cuci, keran air, tempat air minum untuk hewan peliharaanmu, dan segala wadah yang digunakan untuk menampung air. Usahakan untuk tidak membiarkan ada genangan air sedikitpun yang tersisa dimanapun di rumahmu untuk mencegah nyamuk bertumbuh.

Gimana sobat? Gampang banget kan? Semua orang pasti pernah melakukan trik satu dan kedua, tapi kebanyakan sering banget ngelewatin trik yang ketiga karena dianggap gak gitu penting. Nah mulai sekarang, sobat tahu deh yang mana yang harus dikerjakan dulu untuk mengusir nyamuk jauh-jauh dari rumahmu. Yuk share ke teman-temanmu yang sering digigit nyamuk juga!

Sumber: buzzhand

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "3 Tips Ini Dijamin Ampuh Buat Ngusir Nyamuk Di Rumahmu, Tips Ke Tiga Paling Gampang Dan Gak Pernah Kepikiran"

Post a Comment